.

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Novel Bertema Beladiri

Novel Bertema Beladiri

pesan hotel murah di sini !

Iklan

Web Utama

Menu

Proposal Fitnes Centere

Posted by Berman HS Sabtu, 07 September 2013 0 komentar


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Rajin berolahraga sudah terbukti membuat badan tetap segar, fit dan sehat. Bagi orang-orang sibuk, berolahraga menjadi bagian penting dalam rutinitas harian. Mereka memandang aktivitas ini dapat mengendurkan otot dan relaksasi pikiran. Di samping, mengolah      tubuh   agar     tetap    sehat.Di kota-kota besar, aktivitas olahraga tak lagi dipandang sebagai kebutuhan untuk tetap sehat namun sudah menjadi gaya hidup. Buktinya, silakan tengok beragam kegiatan olahraga yang ada di ruang terbuka kota. Bagi yang berkantung tebal, mereka memilih menjaga kesehatan tubuh di pusat kebugaran (fitness center) yang banyak tersebar di berbagai sudut kota.
             Menjamurnya pusat kebugaran boleh jadi merupakan respons atas kebutuhan orang-orang yang mulai mapan kehidupannya. Namun bagi Anda yang bermodal pas-pasan tetap ada kok pilihan berolahraga yang murah-meriah. Dokter Sadoso Sumosardjuno memberikan kunci agar tetap sehat dengan biaya yang relatif ringan.
Menurut dokter olahraga itu, bila ingin tetap sehat, kita tak perlu membeli alat-alat fitness portabel yang harganya jutaan. Jika mampu tak ada salahnya memang membeli alat-alat itu. Yang jelas, alat yang sederhana dapat dipakai.
Dengan alat sederhana tujuan latihan kebugaran dapat tercapai. Kata dr. Sadoso, latihan kebugaran dapat membuat tubuh tahan dari serangan penyakit, memperkecil risiko stroke, memperkecil osteoporosis atau pengeroposan tulang, atau mengurangi kegemukan.
             Untuk tujuan seperti itu, Sadoso menyarankan kita memiliki satu pasang dumble, atau ditambah barbel untuk pria. Yang penting: harus tekun dan tahu cara-cara menggunakan alat sederhana tadi. Misalnya, untuk menurunkan berat badan, yang diperlukan adalah olahraga berintensitas rendah tapi waktunya lama.
Bila kantung merasa ”sehat”, pusat kebugaran dapat menjadi pilihan., Casanova gym misalnya. Pusat kebugaran tak hanya dapat ditemui di gedung perkantoran, tetapi sudah lebih dulu merambah pusat perbelanjaan.
Ambil contoh, Celebrity Fitness. Pusat kebugaraan yang baru saja diluncurkan itu berada di Plaza Indonesia Entertainment Center (EX), Jl. MH. Thamrin, Jakarta. Pengelolanya sudah woro-woro bahwa klub ini punya konsep yang berbeda dibanding para pesaing mereka.
Tumbuhnya pusat kebugaran di sejumlah tempat mendapat sambutan hangat dari Ade Rai. Meski ia sendiri memiliki klub sejenis namun bintang binaraga ini sama sekali tak merasa tersaingi. Sambutan ini dikatakan Ade saat menghadiri pembukaan Celebrity       Fitness pekan               lalu.
               Lebih jauh pemilik nama I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai mengatakan, tak mudah meyakinkan orang untuk mau berinvestasi dalam bidang olahraga, terutama dalam hal pembangunan fasilitas atau sarana olahraga. Oleh sebab itu, ia mengaku sangat gembira bila ada pihak yang tak segan mengucurkan sejumlah uang untuk berinvestasi di bidang olahraga. ”Secara pribadi, saya sangat mendukung pembukaan fitness center ini,” imbuh peraih gelar Musclemania Overall Winner 1996 ini.Pilihan pusat kebugaran nan mewah itu rasanya tak menjadi masalah bagi sebagian orang. Fasilitas keanggotaan yang tergolong mahal tak seberapa nilainya ketimbang harus menanggung beban biaya penyembuhan bila terkena penyakit. Apalagi dengan bergabung di klub atau pusat kebugaran, semangat berolahraga tetap terjaga. 



Fitness center merupakan suatu lembaga layanan  jasa yang menyediakan berbagai macam peralatan dan fasilitas fitness serta berbagai sarana penunjang untuk berolahraga dan meningkatkan kebugaran fisik. Mata kuliah manejement pusat kebugaran adalah mata kuliah yang mempelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan salah satu nya dengan cara fitness.itulah sebab nya mahasiswa melakukan observasi fitness center di karnakan adanya hubungan dengan mata kulia sebagai pendukung berlangsung proses belajar mengajar.Dan sekaligus sebagai prasyarat untuk mendapatkan nilai.

B. Pentingnya Mata Kulia Fitness Center Terhadap Mahasiswa

            Mata kulia fitness center merupakan mata kulia yang mempelajari sekaligus memperkenalkan  tentang bentuk-bentuk latihan berupa alat-alat fitness yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani.Dan mata kulia ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa secara khusus mahasiswa bagian kepelatihan(pko).mata kulia ini akan mengarahkan masiswa untuk menentukan latihan apa yang cocok untuk mengembangkan bagian komponen fisik,baik itu kekuatan,fleksibilitas,power,dan lain-lain serta bagaimana menjadi seorang instruktur dalam sebuah fitness center.Dan ini juga bagaimana mengelolah sebuah fitness center,baik manejementnya maupun pengadministrasiannya sehingga mahasiswa olahraga secara umum mampu berbisnis dengan mendirikan sebuah fitness center .





























BAB II
ISI

A.Hakekat Fitness Center
Yaitu tempat untuk latihan: tempat dengan fasilitas dan peralatan bagi orang untuk memelihara atau meningkatkan kebugaran fisik mereka.dan juga Sebuah klub kesehatan (juga dikenal sebagai klub kebugaran, pusat kebugaran, dan sering disebut sebagai gym) adalah tempat yang merupakan tempat latihan alat untuk tujuan latihan fisik.

B.Hakikat Kebugaran

a. Menurut Prof. Sutarman kebugaran adalah suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.
b. Menurut Nixon, kebugara berhubungan dengn organ2 tbh seseorang untuk melaksanakan
tugas2nya setiap hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan dan mash mempunyai sisa2 tenaga dan kekuatan utk menghadapi keadaan darurat yg tiba2 dan dapat memanfaatkan waktu luangnya

c. Menurut The Baruch Committies on Physical Medicine
kebugaran menggambarkan fungsi kesanggupan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu


Secara lebih rinci,
kebugaran diuraikan menjadi berbagai komponen yang secara garis besarnya terbagi
menjadi 2 golongan yaitu komponen kebugaran yang terkait dengan kesehatan (healthrelated
fitness) dan komponen kebugaran yang terkait dengan keterampilan (skill-related
fitness). Komponen kebugaran yang terkait dengan kesehatan secara umum adalah 1)
kebugaran jantung-paru, 2) kebugaran otot (kekuatan dan daya tahan otot).

C. Instrumen

1. Sarana dan Prasarana
            Sarana prasarana secara umum banyak diartikan menurut beberapa sumber. Sarana adalah perlengkapan yang dapat dipindah-pindahkan untuk mendukung fungsi kegiatan dan satuan pendidikan, yang meliputi : peralatan, perabotan, media pendidikan dan buku (Internet menurut Asep). Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai makna dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sarana prasarana adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi pembelajaran (Sagne dan Brigs dalam Latuheru, 1988:13). Dari berbagai definisi menurut para ahli dapat diartikan bahwa sarana prasarana adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jenis bangunan/tanpa bangunan beserta dengan perlengkapannya dan memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan kegiatan.
Adapun sarana dan prasarana yang terdapat di fitness center Casanova gym seperti :
1. berbagai macam alat-alat fitness yang standar bermerek mustex antara lain:
            - Smith Muchine                     -sit up
- Cabel Crosover                     -bench press
- Lat Pull Down                      -leg curl
- Rowing Muchine                  -chest press
- Butterfly muchine                 -incline press
- Leg Press,                             -dumble
-Leg Extention
- Leg curl Inner-outer,
2. Kafe,yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman sekaligus menyediakan minuman yang bervitamin tinggi .
3.tempat istirahat para member  ataupun pengunjung fitness Casanova gym.
4. sauna
5. jumlah peserta yang terdapat di fitness Casanova gym berkisar ±100 orang.
6.sistem keanggotaan :
            -member
            -non member
            -pria dan wanita (tidak pandang umur)













Gambar 1 : Kantin dan Kafe                                             Gambar 2 : Loker


                                                                                            
                                                                                        





                                                                                       
Gambar 3 : salah satu peralatan                                      Gambar 4 : Dumbel
                   Di fitnes center
2.Struktur keorganisaian yang terdapat di Casanova gym seperti;

-Pembina         : PENGCAB PABBSI KOTA MEDAN
                          KONI –KOTA MEDAN
                          DISPORA KOTA MEDAN
-Ketua             : Barisan Sagala SE.
-Sekretaris       : M.Ujer
-Bendahara      : jeffry
-seksi-seksi      :prado
                         dwipo
                         ronal
                         hendra

3. Trik-trik dalam promosi yang dilakukan oleh fitness center Casanova gym
           
            Satu satunya adalah  memperluas jaringan yaitu dengan cara mencari relasi dengan orang-orang yang memiliki badan yang sehat dan cocok untuk di bentuk.Ideal nya promosi dilakukan melalui kawan ke kawan.Dan di dukung oleh pelyanan yang menarik dan tempat yang strategis.
            Dan itu kami buktikan dari wawancara salah satu pengunjung yang latihan di Casanova gym,dan pengunjung itu mengatakan bahwa pengunjung merasa aman karena intruktur di Casanova gym sangat ramah,pandai bergaul dan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan.Latar belakang dari pengunjung tersebut adalah pindahan dari fitness yang lain.
           
4. Pendaftaran dan pendapatan Casanova gym

1.pendaftaran
-Bagi orang-orang umum 1 kali masuk Rp 5.000
-untuk pendaftaran jadi member Rp 40.000 (paket 1 tahun) 
-untuk pendaftaran jadi member Rp 70.000 (paket 1 bulan)

2. pendapatan
-pendapatan /hari berkisar Rp 800.000
-total  berkisar Rp 30.000 000 /bulan

3.adapun dana pembiayaan mendirikan fitness center casanova gym berkisar ±Rp 400 000 000,secara terperinci Rp 150 000 000 untuk alat-alat fitness + Rp 250 000 000 untuk tempat dan hal-hal yang mendukung nya serta uang awal kontrak lokasi.

5. Jumlah karyawan yang di pekerjakan di Casanova gym

            jumlah karyawan di Casanova gym ada 6 orang diantaranya ;
-instruktur       : 2 orang ( 1 orang kerja pagi mulai jam 8.00-16.00,dan yang 1 lagi kerja sore mulai jam 16.00-22.00.itu dilakukan secara bergantian )
-kasir               : 2 orang (1 orang kerja pagi mulai jam 8.00-16.00,dan yang 1 lagi kerja sore mulai jam 16.00-22.00.)
-jaga malam     : 1 orang
-kebersihan      : 1 orang

6. Masalah dan kendala dalam observasi

            Adapun masalah ataupun kendala yang kami temukan sewaktu melakukan observasi adalah tentang surat balasan dari ketua fitness center casanova gym,dimana untuk mengambil surat balasan itu kami kelompok 4 harus ikut fitness di Casanova gym ini dan mengahabiskan uang  Rp15.000/orang.dengan cara itu kami bisa menerima surat balasannya.Dan karena fitness Casanova  gym itu baru berdiri sehingga senam aerobic ataupun hal-hal yang mendukung fitness itu belum ada,dan akibatnya kami belum mengetahui bagaimana sebenarnya fitness center itu secara idealnya.








































BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


A.Kesimpulan
Anda mungkin merasakan, jika sedikit beraktifitas maka mudah sekali terasa capek, lelah dan kemudian gampang sakit. Atau, jika anda memiliki aktivitas yang sangat padat pada hari ini, maka besoknya anda menjadi sangat mengantuk sehingga aktivitas penting saat itu menjadi tergangu. Mungkin kita akan iri, melihat rekan kerja yang memiliki aktivitas yang sama dengan kita, lebih bugar dan tetap bersemangat ketika  jamker jahampir            selesai.
             Kebugaran adalah potensi besar yang harus dimiliki oleh setiap manusia agar dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga pencapaian lebih optimal. Bagaimana mungkin bisa sukses, jika pada saat bekerja kita diselimuti rasa kantuk yang hebat. Bagaimana mungkin akan dicapai hasil maksimal jika kita hanya bekerja setengah hari karena mudah capek, sedangkan orang yang bugar mampu bekerja fulltime dengan penuh semangat dan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendadak.

B.Saran
Salah satu cara untuk menjaga kebugaran adalah dengan olahraga. Olahraga adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga kebugaran jasmani. Pada zaman modern saat ini, manusia dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Dengan berolahraga, maka stamina daya tahan tubuh akan meningkat. Stamina dan daya tahan tubuh yang tinggi merupakan modal awal untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika tidak, maka aktivitas akan terganggu dan membuat kita jadi gampang sakit.
             Dengan stamina dan daya tahan tubuh yang maksimal, kita dapat melakukan banyak hal yang positif. Para pebisnis akan memiliki banyak waktu untuk menjalankan bisnisnya, para mahasiswa akan memiliki banyak tenaga untuk menyelesaikan tugas kuliahnya, para blogger akan memiliki semangat yang maksimal untuk terus online dan berkreasi menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.Perlu diketahui, bahwa tidak semua jenis olahraga yang baik untuk kebugaran. Hanya olah raga “Aerobik” yang dapat menjaga kebugaran. Aerobik yang dimaksud disini bukanlah senam aerobik yang sering dilakukan pada pusat kebugaran, walaupun ia termasuk salah satunya. Aerobik adalah olahraga yang mampu meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru dan peredaran darah sehingga lebih maksimal.       Namun, terdapat kesalahpahaman persepsi pada masyarakat, bahwa Aerobik, hanyalah senam aerobik saja. Sebenarnya ada 5 olah raga yang tergolong pada Aerobik yaitu : Jogging (lari), Jalan cepat, bersepeda statis, senam aerobik dan renang.Olah raga permainan seperti sepak bola, Volley, Badminton bukanlah olah raga Aerobik. Jadi, jika anda ingin bugar, lakukanlah olah raga Aerobik yang lebih memberikan manfaat bagi kualitas daya tahan tubuh. Bukan berarti olah raga permainan tidak boleh lho. Tetapi, begitu banyak kesalahan persepsi masyarakat terhadap cara berolahraga yang baik dan benar, sehingga terkadang kita berolahraga dengan “sembarangan”, sehingga kita tidak memperoleh hasil maksimal kecuali rasa letih sehabis berolahraga.

Sumber: http://rakafajarpratama.blogspot.com/2014/02/fitness-dan-kebugaran-rajin-berolahraga.html


Artikel terkait :

*      Kaset karate




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Proposal Fitnes Centere
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://vanbolon.blogspot.com/2013/09/proposal-fitnes-centere.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Follow

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of OLAHRAGA.

BINTANG

box

kursor

Blogger Widgets - See more at: www.simbolonbermanhot.blogspot.com