.

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Novel Bertema Beladiri

Novel Bertema Beladiri

pesan hotel murah di sini !

Iklan

Web Utama

Menu

PROSES PEMBELAJARAN PENJAS (PRAKTEK) DI SMA SWASTA PARULIAN II MEDAN TAHUN 2012

Posted by Berman HS Sabtu, 07 September 2013 0 komentar


PROSES PEMBELAJARAN PENJAS (PRAKTEK) DI  SMA SWASTA PARULIAN II MEDAN TAHUN 2012
D
I
S
U
S
U
N

O L E H :
ALBERTANDI HUTABARAT
BERMANHOT SIMBOLON
FANRI SINAGA
RIDOY SAMOSIR




FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Wawancara dengan Kepala Sekolah
            Hasil dari wawancara penulis dengan kepala sekolah SMA Swasta Parulian II Medan : sepala sekolah mengatakan “..................”
B. Jadwal Guru Penjas
            Guru Penjas yang kami Observasi ialah bernama bapak ..............., dan mengajar setiap hari ..............
Untuk memperhatikan atau mengobservasi proses pembelajaran penjas di SMA Swasta Parulian Medan penulis sepakati dengan guru penjasnya yaitu pada hari Rabu tanggal 5 Desember tahun 2012 pukul 08.00 WIB.









BAB II
ISI
A. Penjas
1. Teori Penjas             
Charles dalam diktat Pedagogi Olahraga  mengatakan “penjas adalah bagian yang terpadu dari proses pendidikan yang menyeluruh; bidang dan sasaran yang diusahakan adalah perkembangan jasmaniah, mental, emosional, dan social bagi warga negara yang sehat, melalui medium kegiatan jasmaniah”. Sedangkan American Aliliance For Helth, Physical Education, and Recreation (AAHPER) dalam diktat pedagogi Olahraga mengatakan “ pendidikan jasmani sekarang ini adalah suatu mata ajaran, yang memberi kesempatan agar anak belajar bergerak seperti mereka bergerak untuk belajar”.
Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik,fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial), dan pembiasaan pola hidup sehat untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang (Schmith, 1983; Brophy & Good,1986; Rosenshill &Stevens, 1986; Evertson, 1989) dalam situs (http://rapendik.com/program/one-for-all/penjas/28-teori-dan-tujuan-penjaskes)



                                                                                                                                             
2. Tujuan Penjas
Pendidikan Jasmani bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis (CDC, 2000;  Disman, 1990; Pate dan Trost, 1998) dalam situs (http://rapendik.com/program/one-for-all/penjas/28-teori-dan-tujuan-penjaskes)
  1. Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta damai, soial, toleransi.
  2. Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui pendidikan jasmani
  3. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri.
3. Manfaat Penjas
1. Ranah Kognitif (Pengetahuan)
  1. Mengetahui makna sikap tubuh yang baik.
  2. Mengetahui fungsi tubuh yang baik.
  3. Memahami makna dan pentingnya kebugaran jasmani.
  4. Memahami peraturan, strategi, dan nilai-nilai jasmani.
  5. Mengetahui peraturan bagi keselamatan di air
2. Ranah Afektif (Perasaan/sikap)
  1. Berkeinginan untuk sehat;
  2. Membutuhkan latihan jasmani agar bugar;
  3. Menghargai nilai sportivitas;
  4. Memelihara hubungan yang sehat dalam kelompok;
  5. Menghargai hak-hak orang lain;

3. Ranah Psikomotorik (keterampilan gerak)
  1. Kemampuan berjalan, berlari, duduk yang baik;
  2. Menguasai cabang olahraga ………. ;
  3. Memiliki kemampuan berenang dengan baik;
  4. Memiliki keterampilan beladiri dengan baik;
  5. Memiliki kemampuan keterampilan dasar (lari’ lompat, lempar, angkat dalam aktivitas jasmani.
B. Defenisi Strategi dalam Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang telah dirancang guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien yang dilakukan oleh guru dan siswa. Macam-macam strategi pembelajaran meliputi: Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE), Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI), Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) , Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK), Stategi Pembelajaran Kontekstual (CTL), Srategi Pembelajaran Afektif, Strategi Pembelajaran Kreatif Produk, Strategi Pembelajaran Inkuiri ktif , Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek, Strategi Pembelajaran Kuantum, Strategi Pembelajaran Siklus, Srategi Pembelajaran Berbasis Komputer dan Berbasis Elektronik (E-Learning), Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) dalam situs ( http://edukasi.kompasiana.com/2011/11/18/definisi-strategi-metode-dan-teknik-pembelajaran-413773.html)
C. Profil Sekolah Di SMA Swasta Parulian II Medan

D. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Penjas



BAB III
PENUTUP
A. Proses Mengajar Guru Penjas Waktu Di Observasi ( Pemanasan)
(mulai dri membariskan sampai apersepsi atau apa-apa saja ditanyakan sebelum dimulai pembelajaran)

B. Proses Mengajar Guru Penjas Waktu Di Observasi (Inti)
- Materi apa yg di sampaikan dan metode apa yg digunakan.
- bagaimana desain membagi siswa dalam praktek (gambar)
C. Proses Mengajar Guru Penjas Waktu Di Observasi (Pendinginan)
- apa yang dilakukan
- pendinginan apa yg digunakan

D. Kesimpulan
Mauliate.........................barat


















Lampiran : RPP waktu mengajar (di observasi) dan surat observasi


 

Artikel terkait :

*      Kaset karate


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PROSES PEMBELAJARAN PENJAS (PRAKTEK) DI SMA SWASTA PARULIAN II MEDAN TAHUN 2012
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://vanbolon.blogspot.com/2013/09/proses-pembelajaran-penjas-praktek-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Follow

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of OLAHRAGA.

BINTANG

box

kursor

Blogger Widgets - See more at: www.simbolonbermanhot.blogspot.com