.

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Novel Bertema Beladiri

Novel Bertema Beladiri

pesan hotel murah di sini !

Iklan

Web Utama

Menu

Pengertian KIAI Sebenarnya

Posted by Berman HS Sabtu, 07 September 2013 2 komentar


Banyak demonstrasi teknik Karate selalu ada teriakan ketika mereka memukul atau menendang. Mereka bahkan berteriak sangat keras, Ini disebut Kiai. Kebanyakan orang percaya bahwa ada kekuatan yang mengalir melalui segala arah, sehingga membuat mereka bergerak dan berubah. Hal ini disebut dalam bahasa Jepang Ki. Misalnya, cuaca yang selalu berubah disebut Tenki, atau surgawi Ki.

Sebenarnya jika kita melakukan KIAI akan mendapat nilai manfaat yang terkandung didalamnya. Bagi Karateka tentu saja menunjukkan semangat bertarung (fighting spirit ). Jelas kita nggak mungkin bertanding tanpa mengeluarkan suara. Dan sepertinya pendapat ini tidak salah. Bisa dibayangkan jika anda Kumite tanpa mengeluarkan suara teriakan (KIAI), maka terindikasi kurang semangat.
Dalam sesi latihan karate biasanya KIAI pada gerakan kelima atau kesepuluh, jika anda berlatih dasar (kihon). Umumnya senior atau pelatih akan memberikan aba-aba untuk berteriak.

Jangan dikira KIAI adalah pekerjaan mudah. Umumnya sering saya melihat para karateka yunior sangat sulit untuk melakukan KIAI setiap akhir suatu teknik. Kalau murid pemula seharusnya tidak masalah, tetapi bagaimana untuk murid tingkat lanjut ? Tentu ini akan jadi masalah kalau harus turun dalam turnamen resmi. Karena fungsi KIAI disini juga untuk mengantisipasi cedera dalam kumite.
Selanjutnya, KIAI bermanfaat untuk mempengaruhi lawan. Bagaimana itu bisa dengan hanya berteriak lawan akan terpengaruh bahkan sampai ketakutan. Ada istilah KIAI JUTSU dalam dunia bela diri, dimana dengan hanya berteriak maka lawan akan membatalkan serangannya.

Ternyata cukup simpel, dimana saat kita berteriak harus dilandasi dengan semangat berperang yang sungguh-sungguh tanpa keraguan dan ketakutan. Yang pasti adalah ini tidak mudah, karena saat kita maju menghadapi lawan maka ketakutan pasti juga ada, Itu hal yang manusiawi.
Manfaat KIAI juga bisa berfungsi sebagai elemen yang meningkatkan tenaga dengan memberi penekanan pada otot.
Dalam suatu acara demonstrasi, umumnya acara puncaknya adalah tamesware (pemecahan). Kalau Anda perhatikan, si peraga tentu KIAI saat memecahkan batu, kayu, es atau apapun yang menjadi bahan tamesware-nya. Tidak menjadi masalah dengan menggunakan bagian tubuhnya yang mana untuk memecahkan. Tentu saja dengan memecahkan harus didukung dengan pernapasan dan kime (fokus/konsentrasi) yang benar.
KIAI juga bisa membuat kita lebih rileks dan segar. Dan memang dari sudut psikologi berteriak adalah salah satu cara menghilangkan ketegangan fisik dan pikiran.


Sumber: http://karateinkai01.blogspot.com



Artikel terkait :

*      Kaset karate

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian KIAI Sebenarnya
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://vanbolon.blogspot.com/2013/09/pengertian-kiai-sebenarnya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Khulatul Mubarokah mengatakan...

Terima kasih. Sangat bermanfaat dan membantu saya mengerti makna yang tepat dari sebuah teriakan dalam latihan/pertandingan karate. :)

Berman HS mengatakan...

sama-sama. terimakasih juga sudah mampir di blog kami.

Posting Komentar

Follow

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of OLAHRAGA.

BINTANG

box

kursor

Blogger Widgets - See more at: www.simbolonbermanhot.blogspot.com