.

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Novel Bertema Beladiri

Novel Bertema Beladiri

pesan hotel murah di sini !

Iklan

Web Utama

Menu

Olah Raga Dansa

Posted by Berman HS Jumat, 10 Oktober 2014 0 komentar



Mengenal Olah Raga Dansa

Apa yang dimaksud dengan olah raga dansa? Secara sederhana, olah raga dansa adalah bentuk kompetitif dari dansa ballroom. Dansa ballroom kompetitif, yang ruang lingkupnya lebih sempit dari dansa sosial, telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, yaitu sejak awal 1920-an. Belakangan, sebagai upaya untuk lebih merefleksikan karangkter olah raganya, di Inggris olah raga ini dikenal sebagai Dancesport (olah raga dansa kompetitif).

Seperti cabang-cabang olah raga lainnya, olah raga dansa memiliki struktur internasional yang sangat terorganisir, dengan banyaknya kompetisi-kompetisi yang digelar di seluruh dunia, mulai dari kompetisi lokal hingga kejuaraan dunia. Sebagai pengakuan atas sifat keolahragaanya, pada tanggal 8 September 1997, Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee) IOC mengumumkan bahwa mereka mengakui Federasi Olah Raga Dansa Internasional (International DanceSport Federation) IDSF sebagai badan pemerintahan dunia bagi olah raga dansa, dan menjamin keanggotaan penuh IDSF dalam IOC. Olahraga dansa akan didemonstrasikan pada Olimpiade Musim Panas tahun 2008.

Jenis-jenis Dansa
Olah raga dansaterdiri dari dua gaya:
Moderen (atau “Standar”, seperti yang dikenal secara Internasional), yang terdiri dari lima macam dansa. Waltz, Tango, Foxtrot, Quickstep, dan Viennese Waltz;
Latin American (atau biasa disingkat Latin saja), yang juga terdiri dari lima macam dansa. Cha cha, Samba, Rumba, Paso Doble, dan Jive.

Pengenalan kepada Kompetisi
Pada hampir semua bagian, kompetisi dikelompokkan kedalam dua kategori, yaitu Amatir dan profesional, walaupun di Amerika Serikat, kompetisi Profesional/Amatir dimana murid berpasangan dengan guru dansanya adalah hal yang biasa.
Kompetisi Amatir dibagi menjadi beberapa kategori usia. Di Inggris, kategori-kategori ini terdiri dari Juvenile (dibawah 12 tahun), Junior (antara 12 hingga 16 tahun), Adult (16-35 tahun), dan Senior (diatas 35 tahun).

Proses penilaian pada kompetisi dansa dilakukan dengan membentuk satu tim juri dengan seorang ketua juri, yang tugasnya adalah memastikan bahwa musik dimainkan pada tempo dan durasi yang tepat, agar memeri cukup waktu bagi tim juri dalam menilai semua peserta kompetisi. Tergantung pada tingkat kualifikasi dan pengalaman para juri tersebut, mereka mungkin disetujui untuk menjadi juri pada kejuaraan-kejuaraan akbar.

Skor-skor yang diberikan terhadap para peserta kompetisi oleh tim juri dinilai bersama-sama menggunakan sebuah proses yang disebut Skating System, yaitu sebuah sistem penilaian dimana keputusan akhirnya penilaian mayoritas tim juri.
Kostum yang menarik, dan penampilan yang baik merupakan faktor-faktor penting dalam menarik perhatian para juri, sementara kemampuan peserta dinilai berdasarkan ketepatan teknik yang dilakukan, dikombinasikan dengan kompleksitas gerakan (koreografi) dan interpretasi dari tarian tersebut.

Jumlah dansa yang harus ditarikan dalam masing-masing gaya pada sebuah kompetisi dapat bervariasi tergantung pada sifat kompetisinya. Pada sebuah kejuaraan yang diberi peringkat Championship oleh British Dance Council (BDC), biasanya peserta menarikan lima macam dansa dari masing-masing gaya secara terpisah. Tetapi bila kompetisinya berupa ’10 dance championship’, maka kesepuluh macam dansa dari kedua gaya (Standar dan Latin) akan ditarikan sekaligus.

Kompetisi dibagi menjadi beberapa babak dimana pada awalnya terdapat banyak peserta, yang kemudian secara bertahap akan dikurangi sampai akhirnya di babak final hanya tersisa, biasanya, enam pasangan terbaik. Musik untuk setiap tarian pada setiap babak biasanya berdurasi antara 1,5 hingga 2 menit.


SUMBER: http://citradanceer.blogspot.com/2009/05/mengenal-olah-raga-dansa.html
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Olah Raga Dansa
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://vanbolon.blogspot.com/2014/10/olah-raga-dansa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Follow

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of OLAHRAGA.

BINTANG

box

kursor

Blogger Widgets - See more at: www.simbolonbermanhot.blogspot.com