.

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Novel Bertema Beladiri

Novel Bertema Beladiri

pesan hotel murah di sini !

Iklan

Web Utama

Menu

Macam-macam metodeh melatih tehnik-taktik dan fisik (menghilangkan kebosanan dan kejenuhan atlet)

Posted by Berman HS Minggu, 19 Oktober 2014 0 komentar


Macam-macam metodeh melatih tehnik-taktik dan fisik (menghilangkan kebosanan dan kejenuhan atlet).

1.      Steep sambil muving bermain-main (atur set dan repetisinya)
2.      Berkelompok
-          Bentuk beberapa kelompok, setiap satu kelompok kita misalkan 10 orang, lalu membentuk lingkaran dan mengatur jarak (aba-aba rentangkan tagan) kemudian satu orang ditengah memimpin (yang ditengah melawan kawan-kawannya yang lain secara bergiliran secara teratur dan dengan berbagai tehnik kumite yang bagus) artinya bebas menggunakan serangan apa, sama seperti kumite, setelah semua kawan-kawannya mendapatkan serangan dari dia (yang ditengah) lalu digantikan dengan kawannya yang lainnya ditengah (jadi harus bergiliran).
-          Bentuk beberapa kelompok, setiap satu kelompok kita misalkan 10 orang, lalu membentuk lingkaran dan mengatur jarak (aba-aba rentangkan tagan) kemudian bergiliran mempraktekkan gerakan kumite yang akan mau di lakukan bersama-sama (setiap satu orang melakukangerakan kumite sebanyak 5 kali, setelah itu diganti oleh kawannya yang lain)
-          Bentuk dua  kelompok, setiap satu kelompok kita misalkan 10 orang, jadi kelompok A melawan kelompok B, jadi seperti kumite dan diambil point, dan kelompok yang kalah dihukum misalnya lari mengelilingi lapangan agar atlet bertambah semangat latihan, cara pelaksanaanya sama seperti kumite, satu lawan satu ditengah dan yang lainnya duduk rapi dan memotivasi kawannya dalam hal ini atlet akan memilih-milih kawan tandingnya.
-          Bentuk dua  kelompok, setiap satu kelompok kita misalkan 10 orang, membentuk dua saf (antara saf satu dengan saf kedua dengan jarak lebih kurang 3 meter), cara pelaksanaannya; satu orang didepan (setiap satu saf), jadi orang yang didepan ini melawan ke 9 lawannya yang dibelakang dengan bergantian, setiap satu orang melakukan satu gerakan saja (misal gyaku), setelah itu pindah kebelakang dan yang didepan tadi bergantian setelah sudah melawan sembilan lawannya.

Jadi disini atlet tidak sadar, selain kosa gerakan bertambah fisik atlet juga terlatih disini karena latihan ini seperti bermain-main (karena ketawa mengejek-ejek kawannya). Latihan ini juga menghilangkan kebosanan dan kejenuhan atlet.

Selain dari pada itu keterampilan atlet juga terlatih, tanggung jawab atlet juga terlatih, kreafitas atlet juga terlatih, dan mental atlet juga terlatih.







3.      Memperagakan lalu memperlihatkan vidio
Pertama buat/ajarkan tehnik-taktik kumite, lalu atlet mempraktekkannya lalu istirahat, selanjutnuya menonton vidio tehnik-taktik kumite yang di praktekkan tadi agar atlet tahu di mana letak kesalahannya dan bagai mana bentuk dan gerakan sebenarnya.
4.      Metode Nir-Motorik
Jadi Eberspacher (1982) menjelaskan bahwa keterampilan olahraga bukan hanya dapat dikembangkan melalui mempraktekkan keterampilan tersebut secara fisik, akan tetapi dapat juga melalui metode internal atau mental training seperti bercitra, berkhayal, membayangkan, melihat film, atau visualisasi (membayangkan).

Berikut beberapa macam latihan Nir-Motorik
a.       Melalui realisasi eksternal (wicara, komunikasi).
b.      Melalui realisasi internal (berpikir, bercitra).
c.       Melalui obervasi (melihat model, film, vidio).
d.      Berupa sub-vocal (wicara dengan dari sendiri).
e.       Berupa idio-motor (memvisualisasi diri sendiri melakukan gerakan).
f.       Berupa latihan screened obsevastive (memvisualisasi orang lain melakukan gerakan).
5.      Uphill dan downhill atau latihan ke daerah lain (misal ke kec. Pangururan)
Selain meleatih fisik dan kecepatan  atlet, latihan ini juga menghilangkan rasa kejenuhan dan kebosanan atlet (karena latihan berkepanjangan dan melelahkan).
Pelaksanaannya, berlari (joging) seperti biasanya dengan jauh lari selama lebih kurang setengah jam (berlari menaiki gunung apabila up hill dan berlari ke daerah lain apabila ke kekecamatan lain), setelah tiba di tempat yang ditentukan lalu istirahat sebentar kemudian dilanjutkan dengan latihan tehnik karate (age, tsuki, geri, dan kuda-kuda) selama lebih kurang 45 menit, setelah itu istirahat lagi kemudian kembali ke dojo sambil lari (joging).
6.      Latihan simulasi
Latihan kumite dan diambil poin seperti pertandingan biasanya. Latihan ini bisa dilakukan di dojo masing-masing, bisa juga mengundang dojo lain, dan lebih bagus lagi apabila bertanding ke dojo lain.
7.      Latihan kumite dengan melakukan serangan hanya satu tehnik (misal; hanya menggunakan serangan  stuki).
Akan lebih baik latihan ini jika sebelumnya pelatih memberikan contoh-contoh tehnik-taktik serangan tsuki, setelah itu melakukan kumite seperti pertandingan biasanya (diambil poin), dan jika atlet salah melakukan gerakan pelatih memperbaiki ditempat langsung, dan sekaligus mengajarkan tentang peraturan pertandingan (misal; tidak bisa serangan tsuki dan geri melewati tubuh lawan, apabila lewat maka mendapatkan pelanggaran C-1). Latihan ini ada dua macam jenis yaitu; atlet sama-sama menyerang seperti pertandingan biasanya dan yang kedua atlet bergantian melakukan serangan (satu menyerang dan satu lagi hanya menghindar dan menangkis).

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:

Macam-macam metodeh melatih tehnik-taktik dan fisik (menghilangkan kebosanan dan kejenuhan atlet)


Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://vanbolon.blogspot.com/2014/10/macam-macam-metodeh-melatih-tehnik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Follow

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of OLAHRAGA.

BINTANG

box

kursor

Blogger Widgets - See more at: www.simbolonbermanhot.blogspot.com